Thursday, February 6, 2014

keindahan Dusun Sade Desa Rambitan Objek Wisata Terbaik Pulau Lombok

keindahan Dusun Sade Desa Rambitan Objek Wisata Terbaik Pulau Lombok ---Lombok sungguh sangat kaya akan panorama alamnya yang beraneka ragam. Mulai dari pantai, hutan, air terjun, hingga pegunungan. Namun selain panorama alamnya, masih ada daya tarik lain yang membuat Lombok pantas untuk dikunjungi untuk berlibur. Satu diantaranya daya tarik tersebut adalah adat dan budaya asli Lombok yang masih terjaga dalam desa-desa tradisional. Satu diantaranya desa tradisional Pulau Lombok yang sangat banyak menarik wisatawan adalah Dusun Sade pada Desa Rambitan yang termasuk di kawasan Pulau Lombok Tengah.
keindahan Dusun Sade Desa Rambitan Objek Wisata Terbaik Pulau Lombok
Meskipun termasuk desa tradisional, tapi tak sulit untuk menjangkau Dusun Sade sebab lokasinya yang ada di dekat jalan raya. Makin tepatnya Dusun Sade berlokasi di pinggir jalan raya utama jalur melalui Mataram menuju Praya akhirnya banyak pengunjung yang berkunjung menuju desa ini. Dusun Sade dan banyak dipilih oleh seluruh pelancong sebagai tempat persinggahan sekaligus beristirahat baik setelah ataupun sebelum ke objek wisata pantai di Pulau Lombok bagian selatan.
keindahan Dusun Sade Desa Rambitan Objek Wisata Terbaik Pulau Lombok
Untuk ke lokasi Dusun Sade tersebut dapat ditempuh dengan waktu sekitar dua puluh menit saja dari BIL. Untuk masuk menuju di kawasan desa wisata Dusun Sade ini wisatawan tidak dikenakan tariff untuk memberli tiket. Namun dalam depan pintu masuk para pengunjung mesti untuk mengisi mirip mendaftar kunjungan dan bisa mengisi kotak sumbangan sukarela. Dana yang terkumpul melalui sumbangan seikhlasnya tersebut kemudian bakal dikelola oleh warga sekitar untuk kepentingan bersama.
keindahan Dusun Sade Desa Rambitan Objek Wisata Terbaik Pulau Lombok
Dusun Sade masih dihuni oleh suku asli Lombok yang bernama Suku Sasak. Para penduduk lokal tersebut sebagian besar berprofesi sebagai petani yang bercocok tanam di ladang. Sedangkan kaum wanita di Dusun Sade rata-rata mempunyai keahlian menenun dengan menggunakan alat tenun tradisional yang pengerjaannya memerlukan ketekunan yang tinggi. Dari hasil tenunan itu selanjutnya dijual untuk pengunjung yang mampir menuju desa tersebut.

Rumah-rumah penduduk yang ada dalam Dusun Sade dan masih bergaya khas tradisional Lombok dengan bahan yang terbuat dari kayu dengan atap yang terbuat melalui daun alang-alang yang telah dikeringkan. Akhirnya ketika memasuki Dusun Sade pengunjung bakal merasakan sesuatu suasana khas yang masih asli dan tradisional.

Demikianlah informasi mengenai keindahan Dusun Sade Desa Rambitan Objek Wisata Terbaik Pulau Lombok yang dapat SELECUT sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.